My Wedding's vendor review


Udah ampir setaun aja gw nikah, tapi baru mau posting tentang vendor2 nikahan gw sekarang. Kemarin2 malas bowwww. Gw akan review vendor2 seinget gw ya, trus mau gw kasi skor, mulai dari terendah 1 ampe tertinggi 10.
1. Venue
Nyari sana sini, akhirnya ketemunya Mesjid Al Bina di  di daerah Senayan, kosong di tgl yang kita mau, which is 19 Nov 2011. Singgih langsung aja dp buat ngiket tempat. Aulanya cukup untuk nampung ampe 1000 tamu (500 undangan, standing party). Akad rencana di mesjidnya, lantai 2. Resepsi di aulanya.
Masalah venue selese dong sodara2? Eh ternyata nggak tuh. Rencana kita akad pake mesjid ternyata ada halangan, karena ada orang lain yang mau akad di mesjid itu juga. Akhirnya kita ngalah, akad+resepsi langsung di aula aja. Pertimbangannya juga ada beberapa sesepuh yang kasian kalo akad di mesjid naik turun tangga. And then ternyata, pasangan yang mau akad di mesjid, batal dong sodara2. Mereka gak jadi akad di mesjid Al-Bina. Trus gw jadi akad di mesjid? Gak juga, karena pertimbangan adanya sesepuh (termasuk bokap gw), jadinya akad tetep di aula, gabung ma resepsi.
Untuk sewa tempat seinget gw tuh 5,5jt. Trus kita ambil paket akad mereka, maksudnya mereka urus ini itu, gw lupa harganya he3.
Bagusnya di aula Al-Bina ini tempat riasnya gedaaa, ada  2 atau 3 ruangan gt (lagi2 gw lupa), jadi kalo keluarga ada segambreng yang mau dirias, gak perlu takut kesempitan tempatnya. Kemudian juga ber-AC semua kamar riasnya.
Parkiran mah bisa dimana-mana ya bow, secara senayana gitu loh. Untuk meminimalisir pungutan liar parkiran, kita berinisiatif manggil si bos tukang parkir, kasi uang, biar dia atur anak buahnya jangan ampe ganggu tamu2 kita ntar.
Al Bina tampak depan

Skor persiapan: 4 (rempong ini itu, dan agak labil juga pengurusnya he3)
Skor pelaksanaan: 8 (gw suka tempatnya)

2. Catering
Sebelum dapat venue di Al-Bina, gw ma laki gw udah nyoba catering sana sini. Tapi ternyata emang harus ada tempat dulu, barulah cateringnya menyesuaikan dengan tempat. Liat daftar rekanan Al-Bina, akhirnya pilihan jatuh ke catering H.Tinah. Marketingnya mba Ratih.
Kita ambil paket yang untuk 500 undangan (1000 pax), tapi minus dokumentasinya (karena gw keukeuh mau pake Lightbrush Photography). Oiya dapat gratis foto prewed di studio ya dari catering ini.
Buat review makanan gw udah lupa rasanya he3. Tapi untuk makanan mengecewakan untuk porsinya. Padahal kita sama sekali ga ada nawar untuk harga. Untuk beberapa gubukan, porsi gak sesuai dengan yang disepakati. Pas sepupu laki gw yang juga chef mau check ke dapur untuk kroscek porsi, malah gak dikasih. Setelah selesai acara, ibu mertua gw sebenarnya mau kompalin ke katering H. Tinah mengenai masalah makanan yang gak sesuai ma kesepkatan, tapi kata laki gw gak perlu lah dikomplain. Kalo mereka perform gak bagus, toh gak akan direkomen ma orang2 lagi kan.
Dekorasi H. Tinah Catering
Dekorasi pelaminan dan tempat akad


Skor persiapan: 7 (cukup komunikatif mba Ratihnya)
Skor pelaksanaan: 6 (kata temen mertua gw -yang emang udah fasih soal urusan catering nikahan- makanannya beberapa gak sesuai pesanan, misal untuk gubuk2nya kita pesen lebih, eh kayaknya yang dikasi gak sesuai jumlah. Kemudian pas hari H, yang in charge beda orang. Wew pusing dong koordinasinya).

3. Dokumentasi
Gw dari awal gak mau dokumentasi ikut ma catering, soalnya kata di forum2 nikahan banyak yang gak oke gitu kualitasnya. Jadilah gw gugling sana sini, cari dokumentasi yang bagus tapi gak mahal (medit ye bow ha3). Akhirnya nemulah LightBrush Photography (LB). Kalo gak salah ini hasil rekomen Muji, temen di milis. Dia merekomendasikan beberapa vendor, yang cucok bwt gw ya LB ini.Akhirnya gw kontak mereka, berhubungan ma mba Indri, dan terjadilah deal itu. Gw cuma ambil paket fotonya aja, tanpa video, soale katanya kalo video jarang ditonton gitu. Lumayan ngirit bow ha3. LB tuh menurut gw profesional banget, pada saat diajak meeting ama vendor2 yang lain mau ikutan. Gw nanya apa, cepet respon dari mba Indrinya. Dan pas hari H kru mereka (ada tiga orang) juga datang tepat waktu dan kerja profesional. Dan semuanya ramah2, entah mba Indri nya atau pun kru2nya pas hari H.
After hari H nya juga mereka tepat waktu, gw puas deh ma kerja LB.
Foto studio mini LB

Skor persiapan: 9 (alasannya udah disebut di atas)
Skor pelaksanaan: 9 (alasannya udah disebut di atas juga)

4. Wedding Ring
Gugling sana sini, cek forum nikahan, banyak yang rekomendasiin Soulmate. Ya udin gw ma calon laki gw (dulu kan masi calon yaaa) ceki2 info di Soulmate. Oiya alasan kita pake Soulmate juga karena di sana ada cincin berbahan paladium buat cowoknya. Secara kita muslim, jadi kalo pake emas kan gak boleh bwt cowo, jadi dipilihlah bahan paladium itu bwt pengganti emas. Akhirnya gw pake emas putih plus berlian (yang cewek harus pake berlian ya kalo di Soulmate), calon laki gw pake paladium tanpa berlian (iyalah bow, centil amat dese pake berlian). Harganya gak terlalu mahal sih menurut gw, malah untuk paladium justru lebih murah dari emas, jadi agak irit ha3. Tapi berhubung laki gw jarinya gede, jatuh2nya lumayan juga he3. Soulmate juga recommended banget menurut gw. Kenapa? Mereka kerja tepat waktu. Lo pesen kapan, sebulan setelah pesen lo bisa ambil cincinnya. Mereka gak perlu ingetin lagi, pokoknya tepat sebulan udah pasti jadi. Buat acara2 begini kan ketepatan waktu penting bow. Dan hasil cincinnya juga oke.
 
wedding ring made in soulmate


Tempat wedding ring dari Soulmate, gw jadiin tempat mas kawin he3


Skor persiapan: 8 (alasannya udah disebut ya)
Skor pelaksanaan: 9 (alasannya juga udah disebut)

5. Kartu Undangan
Cari2 model, akhirnya ketemu lah mau kayak apa wedding cardnya. Kata temen gw cari2 vendor di pasar tebet aja, karena di situ numplek2 yang namanya vendor pembuat kartu undangan. Ke sana, dan milih Duta Graphia. Kenapa milih mereka? Tokonya banyak bow di pasar Tebet. Pemikiran kita, wah vendor lumayan besar pasti profesional dong. Dan kita pesen lah itu kartu 500 pcs dan dapat thank you note. Dijanjiin sebulan selesai. Oke. Karena mau deketan ma lebaran, kita estimasi 1,5 bulan baru jadi dan masih ada sisa waktu sebulan sebelum hari H nikahan gw. Oke dehh
Dan apa yang terjadi sodara2??? Kartu baru jadi 10 hari menjelang hari H gw  nikah!!! Mau gw gampar2in semua orang2nya Duta Graphia. Ada aja alasannya, mulai dari salah seorang pekerja tangannya kepotong, platnya salah bikin dan 1001 alasan lainnya,
Skor persiapan: 2 (unrecommended)
Skor pelaksanaan: 7 (hasil undangan bagus, gw pengen kasi 8, tapi lagi2 karena ketepatan waktu itu penting, gak jadi deh gw kasi nilai cukup aja a.k.a 7)

6. Suvenir
Pesen di Mangga Dua, berupa sendok garpu kecil, masing2 dua pasang. Kalo kata laki gw maksudnya itu lambang pasangan yang sedang makan (secara garis besarnya berbagi kasih), makanya dikasi 2 pasang. Dan pelayanannya jelek itu toko. gw lupa tokonya apa, letaknya di tengah2 Mangdu gitu. Pesanan gak datang tepat waktu, setelah barang datang, jumlahnya kurang. Jadi, pesanan kita harus bener2 diitung ya.
Skor persiapan: 2 (unrecommended)
Skor pelaksanaan: 6 (gw pesen barang yang biasa aja, gak njelimet, kenapa pake lama dan jumlah gak sesuai, makanya cukup 6 aja nilainya)

7. Wedding Singer
Ini juga rempong carinya. Sempet temen gw mau bantu, oke deal nih. Pas deket2 hari H, batal, karena ternyata mereka menetapkan tarif. Bukannya gw mau gratisan (sebenarnya emang maunya gitu ha3), tapi kalo dari awal kasi tarif kan, lebih fair. Setiap gw tanya tarif, temen gw selalu bilang, gampang. Pas udah deket hari H, gw kasi tau mau bayar sekian, eh langsung pasang harga. Gondok gila kaleee
Akhirnya cari sana sini, tanya sana sini, dapatlah rekomendasi dari temen gw. Akhirnya deal. Tapiii, ni orang gak oke menurut gw dari segi pelayanannya. Gw udah bayar, minta di fax kuitansinya aja perlu ingetin beberapa kali, disuruh datang sebelum hari H untuk ketemu catering dan vendor yang lain di venue, malah jawabannya menurut gw ngeledek ya (kata dia gini: ketemuan ma catering? ngapain ya mba). Capek dehhh.
Yang paling nyebelin, pas hari H, masa laki gw harus nelpon dia jam 6 pagi, karena dia blom datang2 juga (Janjinya jam segitu udah stay di venue). Dan kata laki gw pas si wed singer ini angkat telpon, suaranya masi suara bantal. Makkk, profesional dikit dongggggg.
Skor persiapan: 2 (unrecommended)
Skor pelaksanaan: 6 (suaranya lumayan, tapi gw gak suka ma attitudenya, jadi cukup 6 ya-btw kayaknya masih banyak wedding singer yang suaranya kayak dese)

8. Make-up
Make up wedding gw udah masuk dalam paket catering, nah yang bagus dari list periasnya, ada Putri Yusman (PY). Gw sih liat dari forum2, cukup rekomen PY ini terutama untuk riasan tradisional. Nah gw kan mau pake nasional, jadi deg2an juga bagus or gak riasannya. Trus akhirnya kroscek ke nikahan orang yang pake PY tapi nasional. Ternyata bagus riasannya. Aman dehhh rasa hati ini he3
Untuk baju pengantin sih gak terlalu banyak banget pilihannya, untung yg gw incer available, walaupun besoknya mau dipake juga ma orang. Karena gw nikahan pagi jadi masih bisa dipake, kalo gw nikahan malam mah wassalam dehhh. Untuk penerima tamu juga dapat, tapi mertua gw gak terlalu suka ma bajunya (emang udah gak oke sih tampilannya) jadinya gak diambil deh.
Oiya kalo mau dirias ma ibu Putri Yusmannya, kita harus milih. Kalo dirias pas akad, brarti pas resepsi orangnya bu Putri cuma akan touch up and menorin dikit. Tapi kalo mau dirias pas resepsi, riasan akad dari orangnya bu Putri akan dihapus sama sekali, make up dari awal lagi. Karena bu Putri laku keras, jadi emang biasanya kita pilih salah satu aja, mau dirias akad atau resepsi.
Gw mikirnya, kalo pas resepsi baru dipegang bu Putri, yang ada lama aja tuh make upnya, karena kan harus ulang dari awal, sementara jeda waktu dari akad ke resepsi kan gak lama2 banget ya. Jadi gw wanti2 ke orang PY kalo gw maunya akad ma bu Putri, kalo bu Putrinya gabisa akad, ya udah mending yang lain yg langsung pegang. Btw bu Putri tuh baik banget, ramah, udah sepuh tapi masih cantik banget.
Dan akhirnya pas hari H, tim PY udah datang dari jam 5 pagi, dan bu Putri baru datang jam.....6 pagi bow!! Yang lain udah pada rapi, gw -si pengantin- blom dandan sama sekali. Soalnya bu Putri nya ada akad di mana gitu, makanya agak telat. Tapi walaupun datang jam 6, alhamdulillah make up gw tepat waktu, dan bu Putri juga tetep megang gw ampe resepsi. Yeayyyyy!!
Make up akad

Make up akad full
Make up resepsi full

Skor persiapan: 6 (ada aja lah masalah, tapi gw udah lupa, brarti gak berat2 banget ha3)
Skor pelaksanaan: 8 (gw sukamake upnya, tapi telatnya bu Putri agak bikin deg2an juga hi3)





 

Comments

  1. Kak, infonya bermanfaat bgt loh.
    Aku mau nanya deh, kalo di masjid al bina itu ga sediain catering ya??

    ReplyDelete
  2. kak boleh minta list rekanan di masjid albina gak ya? makasihhh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

bangun tidur ku terus brosing..:))

Ada apa di Balikpapan?