Ke museum Bank Indonesia

Kemarin (16 des 09) gw cuti. Rencananya mau hunting bwt street photography plus selendang mayang (halah obsesi deh ^^). Dan akhirnya gw mendamparkan diri di kawasan kota tua (now, this area become my favorite place to visit-alone). Nah, sampai sana gw langsung ke museum Bank Indonesia, museum di kawasan tersebut yang blom pernah gw kunjungi.


Gw sempet bingung pas di depan gedung, masuk kedalamnya lewat mana, soalnya gada tulisan in-out, masuk-keluar (apapun tanda yang menunjukkan pintu itu untuk masuk or keluar)-->tapi sebenarnya gw-nya aja yg norak ya he3. Pas di dalam kita harus titip tas, jadi cukup ditenteng aja dompet n hape dan barang berharga lain (kalo ada..). Oiya di museum ini boleh bawa kamera ke dalam, bahkan dslr sekalipun. Boleh foto2 di dalam, tapi ada beberapa ruang yang gabole moto pake flash.


Pertama masuk, kesan gw... seremmmmmmmm. Soalnya pertama2 ke ruangan teater yang gelap, trus masuk lagi ke ruangan yang menjelaskan tentang rempah2 dan hasil bumi Indonesia (ruangan ini juga gelap). Intinya rata2 ruangan di museum ini gelap. Bisa dimengerti sih soalnya banyak koleksi2 jadul yang kalo dapat penyinaran yang kuat bisa merusak koleksi tersebut. Di museum ini diantaranya ada koleksi uang2 kertas jaman dulu, koin2 jaman dulu, keterangan2 mengenai kegiatan ekonomi di Indonesia dari jaman dahulu kala ampe sekarang, banyak diorama2, dan koleksi batangan2 emas. Banyak informasi2 diberikan ke pengunjung melalui media layar sentuh (touch screen). 


Ini beberapa foto di museum BI:
Ruang pertama setelah ruang teater yang kita masuki pada saat ke museum BI
Salah satu koleksi di museum BI (baju tentara Indonesia)
Salah satu koleksi museum BI (uang kertas jaman dulu)

Lorong di museum BI





Menurut gw museum BI bagus, lumayan berteknologi maju buat ukuran museum di Indonesia (ada dinding yang mendisplay uang2 logam berjatuhan, ada permainan yang menggunakan media layar sentuh), dan informatif sekali mengenai perkembangan kegiatan ekonomi di Indonesia. Selain itu staf2nya ramah dan membantu banget. Oiya ada kejadian lucu nih. Pas ke museum ini kebetulan gw pake t-shirt yang ada logo BI dengan tulisan "ayo ke bank" (itu t-shirt gw dapat pas acara BI ampir 2 tahun yang lalu di monas), nah dikira petugas2 di museum itu gw dari BI. Ada beberapa yang nanya: "Ibu dari BI?". Yeeeeee capek dehhh (walaupun gw ngarep, suatu saat bisa jadi salah satu staf BI hahahaha).

Comments

  1. keren juga yach museum jaman skarang, dah pake touch screen gitu, sama kaya atm hehe...

    btw daerah yg ndak boleh foto2 pake flash isinya apa yach ? sampe2 gak boleh kena sinar berlebih gitu, kaya ultraviolet kali yach, kalo kebanyakan kena sinar lama2 item hehe ....

    ReplyDelete
  2. horeeee kukuh akhirnya bisa komen :D
    yang gabole pake flash yg gw inget tempat koleksi uang2 logam jaman dulu kuh. Kalo gw mah emang senengnya moto tanpa flash hehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

bangun tidur ku terus brosing..:))

My Wedding's vendor review

Ada apa di Balikpapan?