Trip ke Singapura

Tanggal 28 Feb (a.k.a hari minggu) gw ke Singapura ama dua orang temen gw (Lia dan Indah). Rasanya senengggggggggggggggg buanget. Secara ini pertama kalinya gw pergi ke luar negeri (hohoho memalukan dan norak yaaa). Jadi gw jam setengah tujuh pagi langsung cabs ke bandara Soeta pake expres taxi (udah booking dulu sebelumnya), abis 60ribuan something lah+tiket tol 11ribu (ini gak penting ya, tapi siapa tau bisa jadi info juga). Sampai di Soeta, Indah udah nongkrong aja, secara dia dari Serang, Banten berangkat jam 3 pagi hehehe. Langsung aja kita ngurus2 buat check in counters, bayar pajak bandara (150ribu), ngurus bagasi, dan daftar untuk bebas fiskal. Ribet ya kalo mau terbang ke luar, ngurus ini itu bisa ampe satu jam lebih.
Kelar semua, jam 9 pesawat take off ke Singapura. Oiya gw beli tiket Jkt-Sing pp pake airasia cuma 650ribu (yippie!!!!), tapi bukingnya udah dari bulan Oktober 2009 hehehehe. Ternyata cepet juga nih pesawatnya. Jadwal jam 11.40 nyampe Sing (Singapura lebih cepet 1 jam dari Jakarta), jam 11 lebih dikit udah sampe aja. Abis selese ngurusin bagasi kita langsung ke visitor center yang ada di Changi karena rencananya mau beli tiket Singapore Tourist Pass. Tapi ternyata kalo mau beli STP di Changi, tempatnya lumayan jauh dari visitor center itu, jadi ya udah kita beli STP di Bugis MRT aja, kan kebetulan juga deket ma penginapan kita. Trus dari Changi ke penginapan, kita naik Taxi. Tertib banget ya taksi di Changi. Ada satu orang petugas yang nawarin mau naik taksi apa (yang biasa atau yang sedikit lebih mahal). Kita mah naik taksi biasa aja. Supir taksinya orang India, dan dia baikk deh. Pada saat dia nanya kita nginep di mana, gw bilang kan nginep di Kubor street, deket Victoria street, deket Mustafa. Tapi si bapak taksi blom ngeh tuh, eh trus dia minta no telp penginapan kita, dan dia nelponin tih penginapan. Ya ampyunnnn, mana ada taksi di Jakarta yang kayak gitu.
Sampe di penginapan (ABC Bacpackers hostel), kita bayar buat private room, sgd 45/orang bwt 2 malam, dengan deposit sgd 20 yang bakal dibalikin kalo check out dari hostel. Kenix, dari ABC hostel nganterin kita buat muter2 tuh hostel, ngasi tau di mana toilet, shower room, dan dapur. Awal2 gw bingung deh, abis banyak belok2 ruangannya. ABC hostel kayak kos2an, ubinnya pake ubin alam warna item, bersih pula. Kamar yang gw tempatin kecil sih, tapi bersih, dan ac-nya dinginnnnn.

Di depan hostel ABC Backpackers

Hari ke-1
Abis beres2 di hostel, kita langsung cabut ke Chinatown. Sebelumnya beli tiket STP dulu di Bugis MRT. Kita beli tiket terusan untuk 2 hari, seharga sgd 16+deposit sgd 10. Abis beli tiket, langsung deh kita cao naik MRT. Kalo udah punya tiket terusan, untuk masuk ke stasiunnya tinggal tempelin aja tiketnya ke mesin scanning, kemudian pintu masuk ke stasiun terbuka deh. Kalo turun juga kayak gitu, tempelin tiket di mesin scan, trus pintu untuk keluar stasiun terbuka deh. Bingung ma penjelasan gw?? Coba aja deh langsung di stasiun MRT-nya hehehehehe.
Awal2 bingung juga naik MRT, tapi lama2 jadi jago baca peta MRT hehehehe. Dari Bugis, kita menuju Chinatown. Gw pengen ke Chinatown soalnya pengen liat cap go meh di Singapur kayak gimana, tapi kayaknya sepi2 aja ya. Di Chinatown kita malah belanja belanji hehehe. Mau ke kuil2 dan klenteng2, apa daya kita bertiga ga ada yang bisa baca peta, jadi blank deh. Padahal gw udah bikin list tempat2 budaya yang bisa dikunjungi di sana. Gw malah liat Sri mariaman temple (ini juga gak sengaja ketemu), tapi lagi renov, jadi gabisa dikunjungi.

Ini foto Sri Mariaman Temple

Udah laper perut, bingung mau makan apa, secara di Chinatown kayaknya makanan banyak yang non halal, akhirnya kita makan di Mc D, beli paket beef prosperity lengkap ma minum n kentang, abis sekitar 5 atau 6sgd gitu, gw lupa :D
Abis dari Chinatown, kita cabut ke arah Orchard. Ngiter dari satu mall ke mall yang lain. Beli es potong yang ternyata segede gambreng (gw pikir ukurannya kayak es potong di Taman Fatahillah Jakarta) dengan harga sgd 1 dan kita juga cobain old chang kee (gorengan, mostly seafood ala Singapura) yang antriiiiii banget. Btw pemerintah Singapura emang concern banget ya ama yang namanya kesehatan, soalnya ternyata penjual es potong di pinggir jalan pun punya semacam sertifikat dari pemerintah. Gw cuma sekilas baca sih, tapi kayaknya tuh sertifikat menyatakan bahwa es potong itu udah layak untuk dijual dan dari segi kebersihan gak diragukan lagi. Topp dehhh.
Abis dari Orchard, kita lanjut ke stasiun cityhall untuk menuju ke arah Suntec city. Di Suntec city kita rencananya mau liat fountain of wealth. Jam setengah delapan malam, kita sampai di air mancur itu. Ternyata ada kepercayaan kalo kita mengelilingi air mancur itu sebanyak 3 kali dengan tangan menyentuh air dan sambil mengucapkan keinginan di dalam hati, maka keinginan kita akan terkabul. Gw ma temen2 ikut2an aja keliling tuh air mancur sebanyak 3 kali. Kapan lagi, coba, melakukan hal itu hehehehe. And then beberapa menit sebelum jam 8, keliling2 tuh air mancur udah gak boleh lagi. Gw ma temen2 pada komen, oh ternyata fountain of wealth yang tenar itu cuma begini doang yaaaa. Eh ternyata jam 8 pas, air mancur itu langsung nyembur2, dan menari2. Baguss deh. Apalagi pake ada lampu warna-warni. Wahhh gak sia2 dunk kita ke suntec city.

Fountain of wealth @ suntec city

Setelah selesai pertunjukan fountain of wealth, kita langsung kabur menuju ke sing flyer. Jalan dari suntec ke sing flyer, capeknya pollllllllllllll. Nyampe di sing flyer, bayar sgd 29,5. Trus masuk ke kapsul yang jalannya lelet buanget. Sekitar 30 menit lah. Dalam 1 kapsul itu ada sekitar 10 orang. Ada beberapa bule, ada gw dan temen2, dan ada pula 4 orang bapak2 dan mas2 dari Indonesia :D

@ Sing flyer

Selesai dari sing flyer, kita jalan lagi ke arah esplanade. Pas berangkat kok kayaknya jauh amat ya esplanade, tapi pas pulangnya gak jauh2 amat kok. Dari esplanade kita terus ke merlion park. Bagus euy pemandangan malam di Singapura. Tamannya bersih, lampu nyala warna warni. Dari seberang hotel Fullerton, kita bisa liat deretan esplanade dan sing flyer, bagus dehhhhh.

Esplanade dan sing flyer

Di depan patung Merlion

Selesai foto2, kita akhirnya pulang. Karena udah gak sanggup buat jalan ke MRT, akhirnya kita mau pulang ke hostel naik taksi aja. Dan cari taksi di Singapura, susah euyyy. Akhirnya setelah bersusah payah cari ke sana sini, kita bisa pulang dengan naik taksi mercedes benz tapi dengan tarif biasa. Oiya kalo tengah malam, ternyata jalanan di Singapura dibersihin gitu pake mesin yang bentuknya kayak traktor, tapi dibawahnya kayak ada alat seperti sapu. Keren!!

Hari ke-2
Selama di Singapura, karena cuma bentaran dan jadwal yang padat, makanya gw ma temen2 berasa terengah2 dikejar2 waktu. Hari kedua kita mulai dari Mustafa center buat beli coklat. Segala macam coklat ada deh di situ, tinggal pilih2 aja. Abis dari Mustafa, kita balik lagi ke hostel buat naruh coklat. Trus lanjut ke bugis market. Belanja belanji lagi. Sempet coba beli jajanan di situ, Indah sempet beli buah persik. Karena belanja di Bugis ampe buanyak banget (sebenarnya yang terbanyak belanjanya Lia tuh hehehe), kita memutuskan buat balik lagi ke hostel. Trus dari hostel makan nasi briani dulu di restoran depan mesjid Sultan. Wah kalo makan di restoran Arab, porsinya gokil2 banget yaaaa. Gw pesen nasi briani kambing, porsinya segunung. Gw minta aja setengahnya hehehehe.
Nasi briani kambing

Sultan mosque

Abis makan kita langsung cabs lagi ke Orchard, ke Lucky Plasa buat cari oleh2 yang masih blom kebeli. Satu jam-an di sana, lanjut ke Sentosa Island via vivocity. Tiket masuk ke Sentosa sgd 3, trus untuk Songs of the Sea tiketnya seharga sgd 10. Tiket songs of the sea bisa langsung dibeli di vivocity. Karena pertunjukan Songs of the sea masih jam 19.40, sementara jam 5-an sore kita udah nyampe sana, makanya kita muter2 Sentosa pake kereta mini, trus naik skyride. Skyride tuh kayak kereta gantung, tapi cuma berbentuk kursi aja, jadi agak2 bikin parno. Kita semua agak2 serem juga sih, sampe gak berani foto2 (tapi akhirnya gw memberanikan diri untuk foto2 hehehehe).
Skyride yang agak bikin parno

Songs of the sea

Jam 7 malam, kita udah siap2 cari posisi buat liat Songs of the sea. Karena kita ke Sentosa pas hari Senin, jadi gak terlalu rame banget sih (gw malah masih bisa buat mandi tuh di sana hehehe). Pas pertunjukan Songs of the sea udah mulai, wah bagus ya, permainan air dengan laser. Selesai pertunjukan gw ma temen2 beli suvenir buat kenang2an :). Menurut gw sebenarnya pulau Sentosa biasa aja ya, cuma emang pemerintah Singapura serius lah menatanya dan mengkomersilkan ni pulau.
Balik dari Sentosa, kita menuju ke Clarke Quay area (ternyata ada Robertson, Boat dan Clarke Quay). Pemandangan di sini, bagussssssssssssssssss. Sungai dengan perahu2nya (kita mau naik perahu ini, tapi ternyata udah tutup), restoran2 dengan lampu2 warna warni di pinggir sungai, sampai gedung2 bertingkat yang terlihat keren pas malam hari.
Clarke Quay
Boat Quay

Oiya di daerah situ juga ada 2 permainan, namanya G-maxx, ama satu lagi, gw lupa namanya. Yang pasti tuh permainan, seremmmmmmmmmmmmm. Tubuh lo dipental2in gitu deh, bikin jantung copot (gw gak naik permainan itu sih, tapi tetep aja ngeliatnya ngeri).
Indah ma Lia kayaknya udah  capek jalan, jadi mereka cuma cuma duduk2 aja di taman, sementara gw jalan terus ke arah patung Rafles, dan ada beberapa museum yang sepertinya oke banget buat dikunjungi, apa daya kalo gw sendirian kayaknya kurang maknyus.
Abis dari Clarke Quay, rencananya kita mau ke Mustafa center. Naik taksi, dapatnya supir yang rasis, dia gamau nganter ke sana, cuma mau nganterin ampe MRT terdekat, dan dia charge kita mahal banget!! Damn!! dari MRT Clarke Quay, kita lanjut ke MRT Little India. Sampe Little India, ternyata kita bingung deh ke Mustafa center arahnya ke mana. Akhirnya kita memutuskan untuk pulang aja lah ke hostel.

Hari ke-3
Hari ini hari terakhir di Singapura nih. Jadi jadwal kita hari ini cuma ke Bugis MRT buat balikin tiket STP dan ambil deposit sgd 10, trus kita makan di new victory restaurant, masih di depan mesjid Sultan. Makan Martabak ma roti prata, mintanya yang small, tapi tetep yeee gede banget ternyata!!! Gw minum Bandung yang ternyata kayak soda susu.
Martabak+prata+bandung yang big size
@ Changi airport

Jam 11 pas saatnya untuk check out dari ABC hostel. Oiya kalo di hostel backpacker gitu kita lebih banyak self service yah. Kayak sarapan, kita harus cuci piring sendiri piring/gelas/sendok yang kita pake. Pas check out juga semua selimut dan handuk kita balikin sendiri ke resepsionis. Seru juga sih.
Selama di Singapura gw cuma abis sgd 350 untuk makan+penginapan+transportasi+oleh2. Dengan kurs 6700, jadinya cuma 2,4jutaan abisnya. Lumayan murah kan?
Btw gw masih blom puas deh selama 3D 2N di Singapura, banyak tempat2 budaya yang blom gw kunjungi. Next time kalo ke sana lagi, pokoknya wisata budaya dan kuliner harus didahulukan :)

1. beuuuuughhh dalam rangka apa niih pep... ? business or pleasure :D kaya di bandara aja hehe...

2. hehehe...berasa baru kemaren yah pep,lain kali pep kalo kesana lagi minimalkan jalan kaki yah...kaki rasanya mau copot deh tapi bener2 nyenengin dech...btw tulisan pepo lumayan bagus loh apalagi ditambah majangin fotoku hihihi makin oke aja deh.

3. halooo nanya donk, itu backpackers 50sgd itu per private room atau per orang yah? makasih

4. @nonie: sorry ya baru bales, baru cek lagi blog saya. saya ambil private room, buat 3 orang dan harus jenis kelamin sama. Rate yang kita dapat sgd 45 per orang buat 2 malam. Coba dicek lagi harga terbaru di web mereka, http://www.abcbackpackershostel.com/
    Imelin aja mereka, welcome banget kok buat cari2 tau tentang hostel mereka :)