Trip ke Tidung Island

Hari Sabtu n Minggu kemarin (8-9 mei) gw pergi ke pulau Tidung, kepulauan Seribu. Sebenarnya diajakin ma Ade, walaupun gw sendiri udah ngidam lama pergi ke pulau itu. Akhirnya kesampaian juga deh pergi ke sana. Pas hari Sabtu, gw langsung cabut pagi2 menuju ke muara angke. Dari perempatan Mall Ciputra, gw naik angkot  B01 menuju ke angke. Sementara Ade, Arie (kakanya Ade), Zakiya, Indah, Ucit, dan Begeng (the rest are Ade's frens) berangkat barengan dari rumah mereka yang nun jauhhhhhhhhh di timur jakarta. Akhirnya kita ketemuan di Muara angke. Oiya pas di angkot gw kenalan ma anak yang tinggal di pulau Panggang, tapi kuliah di Jakarta, namanya Iis. Lumayan ada temen ngobrol hehehehe. Angkot berhenti di pasar ikan muara angke (bayar 4000 angkotnya), trus kita jalan ke arah pelabuhan (becek boww, gak naik ojek lagiii).
Pas udah nyampe pelabuhan, Iis memisahkan diri, gw gabung ma Ade and the gank. Langsung kita naik ojek kapal (yang udah penuh aja). Duduk di bagian atas, desek2an udah kayak ikan pepes, tapi lumayan banyak 'pemandangan' bagus (bule2 kamsutnya hahahaha). Dri jadwal jam 7 pagi, ternyata kapal jam 7 kurang udah jalan aja. Let's gooooo!!!!
Jam 9-an kapal udah nyampe pulau Tidung. Asikkkkk. Zakiya sibuk nelponin orang yang nyewain penginapan ke kita. Akhirnya setelah 15 menit, datang juga perwakilan dari penginapan, mas Didi nama orangnya (Griya Rahma nama penginapannya). Dari dermaga, kita dibawa ke penginapan. Lumayan jalannya, ada 15-20 menitan deh. Capek gilaa. Penginapan yang kita tempatin bentuknya kayak rumah petak. Ada 1 kamar, kasur, ruang tamu buat nonton TV, dispenser, kipas angin, dan pastinya kamar mandi. Setelah beres2in barang2 bawaan, kita disiapin makan siang ma mas Didi. Makanannya cumi!!! Seruu. Abis makan rencananya mau langsung jalan2 n snorkling, apa daya hujannn cukup lebat. Jadi jauh2 ke pulau Tidung kita cuma ngeliatin hujan aja :D
Akhirnya jam setengah 12-an hujan berhenti, eh anak2 malah pada maen sepeda. Ya udin tinggal gw, Arie n Indah yang jadi penjaga penginapan :(
Akhirnya bocah2 pada balik, mulailah sesi  berwisata dimulai. Rencana adalah bersnorkling. Tapi gw ma Ucit gak ikut, kita jadi juru foto aja deh. Buat snorkling, tiap orang kena charge 35ribu, murah yaaa.
Trus berangkatlah semua ke pantai yang deket banget ma penginapan kita. Yang lain pada snorkling, gw ma Ucit sibuk jadi tukang poto :D

Puas pada snorkling2 (yang mengakibatkan Indah kakinya luka2 lumayan parah, dan penangkapan bintang laut berwarna biru), akhirnya kita pintong (ngambil istilahnya milis sahabat museum, pindah tongkrongan) ke pantai di pulau tidung kecil. Untuk ke sini, kita naik sepeda sekitar 15 menit. Dari pulau tidung besar ke pulau tidung kecil ada jembatan panjang yang menghubungkannya. Jalan kaki sekitar 15 menit, sampai deh di pulau tidung kecil. Di jembatan itu juga bisa buat ajang melompatkan diri ke laut. Begeng ma Zaki uji nyali melompatin tuh jembatan :p
Lompatan Begeng
Anak2 pada snorkling, gw mah bengong, moto2, cari2 spot bagus buat moto (gaya beuhhhh).
Udah selesai snorkling, akhirnya kita semua balik ke Tidung besar n makan bakso (laperrrrr soalnya). Nah setelah makan bakso, ada peristiwa yang bikin gw parno :(
Ceritanya udah selesai makan nih, bayar dong gw. Pas mau masukin uang ke dompet, ada cewek remaja yang nyamperin gw, langsung ngomong : "Bu, minta uang dong bu". Tadinya mau gw kasih, seribu aja cukup kan. Eh, ternyata ma mas Didi dan temennya gak boleh ngasih uang ke tu cewek. Penduduk2 situ yang liat juga pada bilang, jangan kasih uang ke tuh anak. Tapiiiiiiiii yang bikin gw stres, tuh anak tetep ngejar2 gw buat minta uang, dan pada saat gw mau naik sepeda, gw denger dia bilang, pokoknya mau aku ikutin. Aje gileeeee, parno abis gw. Akhirnya setelah dihalang2i ma guide2 kita, kita semua langsung cabut ke penginapan. Di perjalanan, Zaki sempet nanya ke gw: "Mbak, are you ok?". Nggak ok lah :((
Akhirnya nyampe di penginapan, ngobrol2 ma mas Didi n temennya, didapatkanlah info bahwa cewek remaja tadi namanya Atun dan dia emang agak kurang waras. Yang bikin gw salut ma penduduk pulau Tidung, mereka nggak membenarkan ada warganya yang minta2 uang ke wisatawan. Kata mas Didi, ntar jadi kebiasaan. Salut!!!!
Tadinya sore mau liat sunset, tapi gak keburu, secara mandi sorenya aja pada lama (bayangin 7 orang pake 1 kamar mandi), udah gitu agak2 mendung pula, jadi byebye sunset :(
Malam, kita makan di warung gitu, gw makan ayam bakar, honestly rasanya gak enak. Hambar, tapi ayamnya emang gede. Trus abis makan malam, bingung mau kemana, mau ke jembatan lagi ternyata udah sepi dan gelappp jalan ke sananya (kita udah sempet 2/3 jalan ke sana), akhirnya balik arah ke laut deket penginapan kita. Tapiii eh sepi juga. Ya udin duduk2 di taman deket laut aja. Akhirnya pulang balik ke penginapan, Zaki udah balik duluan, cos dia mau minta dipijit. Trus Indah juga nyusul minta dipijit hehehe. Yang lain nonton ipi, dan tidurrrrrrrrrrrrrrr.
Gw gak bisa tidur deh, bawaannya gak tenang aja. Makanya jam 5 pagi udah bangun, trus menghasut temen2 untuk liat sunrise hehehehe. Akhirnya gw ma Arie jalan duluan ke jembatan, liat sunrise (mengejar sunrise tepatnya). Trus sebelum sampe jembatan, kita berhenti dulu buat foto2 di kebun bunga, yang bagussssssssssssssss.

Akhirnya perjuangan gak sia2, kita bisa liat sunrise. Horeeeeeeeeeeeeeee!!! Bagus euy sunrise diliat dari jembatan. Selesai sunrise, gw ma Arie jalan trus lanjut ke pulau Tidung kecil, sementara yang lain entah kemana hehehehe.
 Sunrise @ Tidung
Still, sunrise @ Tidung
Nah sekarang saatnya gw ma Arie foto2 narsis dimanapun kita berada. Hihihihi
Di jembatan antara Tidung besar dan kecil
Udah selesai di pulau Tidung kecil, kita balik lagi semua ke Tidung besar, tapi tetep ye foto2 dulu di kebun bungan dan pantai deket penginapan. Selesai beres2 dan bersih2, jam 11-an kita cabut dari penginapan menuju dermaga. Masih tetep naik sepeda (sepedanya ditinggal di dermaga). Sempet makan siang juga (gw makan pake nasi+cumi goreng+tahu cuma habis 5000 perak! murah ya). Akhirnya kita cabut menuju Muara Angke. Oiya kalo mau pulang, tiket ojek kapalnya bisa beli dulu. Tapi bisa juga sih bayarnya on the spot. Perjalanan pulang ternyata lama betss. 3 jam di laut, capek deh. Karatan deh duduk di kapal, udah mana siang bolong (kapal berangkat jam 12.30). Nyampe Muara Angke jam 15.30. Akhirnyaaaaaaaa
Wahhh menyenangkan sekali deh trip ke pulau Tidung. Tempatnya indah, murah meriah, dan temen2 semuanya menyenangkan :)
Rincian biaya ke Pulau Tidung:
Makan via katering guide: @20.000
Tips buat guide (kemarin ada 2 orang guide): 100.000
Makan2 di warung: kisaran 5.000-20.000

1. hai salam kenal boleh tau gimana dapat jasa ke pulau tidung ngak?
    makasih..
    send ke email gua ya!
    epindontabernarduskarokaro@yahoo.com
    best regards

2. Untuk jasa guide di pulau Tidung, temen gw yang urus, jadi ga bisa bantu banyak nih. Coba googling, kalo gak salah ada web khusus untuk jasa trip ke pulau Tidung

3. Thank's wat infonya!!

Me n d'Genkz jg dah punya rencana Ke tidung!!
    tp mpe skrng lom kesanpaian!!