Trip Bromo

Hari Jumat (9 Juli 2010)
Gw ma temen gw (Arie) cabut ke Jawa Timur dengan tujuan utama ke Bromo. Yippieeee.
Berangkat dari rumah ke Bandara Soeta naik Damri (biasanya gw naik taxi) dari Blok M. Karena naik bis, gw pikir pasti bakal macet2, karena hari kerja juga, makanya gw ma Arie janjian di Blok M jam 9. Ternyata Blok M-Soeta cuma 1 jam aja. Jadi yang ada kita nongkrong di CFC Terminal 3, sambil makan pelan2, curhat2 membunuh waktu buat check in. Jam 15.05 jadwal pesawat take off ternyata mundur jadi hampir jam 15.30. Sekitar 1,5 jam terbang, Air Asia yang kita tumpangi berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Juanda.
- Tiket AirAsia gw beli dari bulan Desember 2009 seharga 425rb IDR pp
- Tiket dibeli a/n gw, Ade, dan Maria. Ternyata yang berangkat cuma gw dan kakaknya Ade (Arie). Maria batal berangkat. Tiket Maria sebenarnya juga udah dibeli ma temen gw (Nia), tapi Nia juga batal berangkat karena nyokapnya sakit.
- Bandara Juanda gak terletak di kota Surabaya, tapi di Sidoarjo
- Nyokap udah wanti2 aja buat gw mampir ke rumah bude di Tulungagung, kakak gw nyuruh gw mampir ke rumahnya di Kediri. Aduhhhh, akyu mau berlibur bukan pulang kampung :p

Di Bandara Juanda, kita dijemput ma temen gw (Wina dan mba Riul) dan pak sopir (Pak Gatot). Dari Bandara kita lansung cabut buat makan malam ke Loop, di kota Surabaya. Loop itu modelnya kayak foodcourt tapi di tempat terbuka. Jadi banyak macam2 restorannya.
Salah satu sudut di Loop yang keren

Kita memilih makan di salah satu restoran yang pelayanannya lamaaaaaaa bangett, karena semua karyawannya lagi dibriefing ma bos mereka. Karena lamanya pelayanan tu restoran, ada salah satu tamu yang marah2 :D
Sambil makan, kita ngobrol2 soal rencana besok pagi ke Bromo. Eh ternyata di meja sebelah ada ibu2 yang ternyata baru aja ke Bromo dan gak tahan buat ikut nimbrung obrolan cewe2 keren ini (halahhh) soal Bromo. Yang lucunya anak si ibu yang udah ABG merasa malu dengan sikap si ibu yang SKSD hahahaha.
Fact:
- Steak di kota Surabaya murah lho. 1 porsi steak segede gambreng harganya cuma 28rb IDR. Rasanya? Honestly, biasaaa banget (gw gak tega untuk bilang gak enak hahahaha)

Hari Sabtu (10 Juli 2010)
Jam 5 pagi udah pada bangun buat siap2. Oiya gw ma Arie bermalam di tempat Wina n mba Riul di Sidoarjo (dari bandara deket banget, cuma 30 menit). Jam 6 teng, temen gw (Asep) udah datang ke tempat Wina. Dia dijemput ma Pak Gatot soale sama2 tinggal di Surabaya kota. Setelah ini itu, jam 6.30 pagi kita berangkat deh menuju Bromo. Sempet beli perbekalan (minuman, cemilan) dan makan di warung makan, jam 11 nyampe juga ke daerah Bromo. Kita nginep di Bromo Permai 1, di mana lokasi penginapan ini udah ada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jadinya dari depan hotel aja kita bisa liat gunung bromo. Berasa udah deket aja deh ma gunung2 itu :D
Karena masih kepagian buat check in penginapan, akhirnya gw, Arie, Wina n Asep muter2 deket2 penginapan aja buat foto2 juga hehehehe. Sementara Pak Gatot kita tugaskan buat cari2 info untuk sewa  mobil jip dengan harga murah.Jam 12.30 kita makan siang di restoran penginapan. Abis itu check in dan siap2 buat pergi pake mobil jip yang udah berhasil didapatin ma Pak Gatot.
Dari penginapan kita, gunungnya udah terlihat dekat ya

Facts:
- Kita nginep di Bromo Permai 1 dengan harga peak season. Buat cewe2 pake kamar standard triple (470rb IDR), dengan fasilitas single bed 1 ama double bed 1, kamar mandi dalam (ada air panas), dan TV. Kamarnya lumayan besar, lantainya tanpa karpet jadi dingin bangetttt dan lembab (banyak banget debu -atau abu- ya di kamar). Yang cowo2 pake kamar standard twin dengan harga 345rb IDR. Fasilitasnya gw gatau (soale gak ngintip2 ke dalam kamarnya hahaha). Bromo Permai 1 menerima pembayaran cash dan debit BCA (tapi jangan berharap banyak bisa pake kartu debitnya, soalnya jaringannya sering macet). Di depan penginapan ini ada ATM BNI juga.
- Jip kita sewa dengan harga 750rb IDR untuk 1 mobil+supir+bensin, dengan rute Bukit savana (Teletubbies Hill) dan danau Ranu Pane untuk hari Sabtu, dan liat sunrise serta ke kawah buat hari Minggu. Kalo pilih jip lebih baik survey2 dulu biar dapat harga terbaik.

Jam 14.00 kita langsung cabut pake jip menuju ke lautan pasir, pertama2 ke pasir berbisik dulu. Konon kalo angin lagi kenceng, pasirnya bisa mendesis kayak orang berbisik.
Di pasir berbisik

Setelah selese foto2 bentaran (Pak Yarno, supir jip kita udah wanti2 gak boleh lama2 di salah satu spot karena takut kesorean nyampe ke Ranu Pane), kita menuju Teletubbies Hill. Dinamain bukit Teletubbies soalnya padang rumput ijo ini gada pohon2 sama sekali, kayak di film teletubbies deh lengkap dengan bukit2 kecilnya. Pada saat tiba di savana ini bau rumput segar terasa banget, dan gw sukaaaa banget ma bau ini :)
Teletubbies Hill, ijoooooo

Pemandangan selama perjalanan dari pasir berbisik ke Teletubbies Hill tuh indah banget. Padang pasir dengan rumput2 kering dan bukit2 menjulang di kiri kanan bikin perjalanan berasa nggak di Indonesia. Apalagi ada tentara2 TNI yang lagi latihan di daerah sekitar situ, jadi berasa kayak di lokasi film perang hehehehe.Tapi sayangnya gw gada foto2 sepanjang perjalanan ini, soalnya posisi gak memungkinkan buat foto2.
Abis dari bukit Teletubbies, kita lanjut ke arah Taman Nasional Gunung Semeru, untuk menuju ke danau Ranu Pane. Perjalanan ke sini gokillll. Medannya curam, menukik tajam, naik banget, dan jurang di kanan kiri. Yang bikin gw amazed, ada tukang es keliling di daerah kayak gitu. Siapa yang mau beli es coba?!
Akhirnya tiba juga di danau Ranu Pane. Pemandangannya, kerennnn. Berasa kayak di danau2 luar negeri gitu deh. Agak lama juga di situ, kita foto2 pastinya, akhirnya Pak Yarno sudah memanggil kita untuk cepat balik, soalnya kalo kesorean takut jalanan berkabut.
Di Ranu Pane

Jam 17.00 kita nyampe penginapan. Dan dingin mulai menusukkkkk. Pas Magrib, gw coba moto2 sunset, tapi hasilnya kurang maksimal, soalnya ketutupan gunung kayaknya mataharinya.
Sunset di Bromo

Abis liat sunset kita bersih2, dan jam 18.30 ke restoran buat makan malam. Ternyata restoran di Bromo Permai 1 punya live musik juga lho. Dan penampilan band ini lumayan oke kok. Sip banget kan makan sambil ditemenin live music.
Biarpun penginapannya termasuk kategori biasa, tapi kalo soal makanan di restorannya Bromo Permai 1 lumayan lah. Dan porsi buat main coursenya gedeeee banget. Jadi kalo pesen 1 porsi bisa buat 2 orang sebenarnya. Sotonya enak, kari ayamnya juga.
Selesai makan, kita semua langsung masuk kamar dan tidurrrr. Gokil, gw merasa kedinginan banget dan gak bisa tidur deh :(

Hari Minggu (11 Juli 2010)
Jam 2.15 pagi (dini hari tepatnya hehehehe), kita semua bangun, siap2 buat dijemput buat liat sunrise. Jam 2.30 Pak Yarno udah ketok2 pintu kamar buat ingetin kita bangun (rajin ya si bapak :p)
Akhirnya jam 3 teng, kita semua berangkat ke gunung Pananjakan buat liat sunrise. Dinginnya kelewatan huhuhu. Gw pake kaos turtle neck+sweater+jaket gw+jaket pinjem di penginapan (sewa 25rb IDR)+topi kupluk+sarung tangan+kaos kaki masih kedinginan :((
Jadi jam 3 dini hari tuh udah dimulailah iring2an jip yang berisi orang2 yang pengen liat sunrise. Bener2 ye namanya pananjakan, jalurnya nanjak polll. Akhirnya sampe di Pananjakan, jalan dulu sekitar 10 menitan buat ke spot untuk melihat sunrise. Udaranya dinginnnn dan gelap. Pas nyampe tempat buat liat sunrise, gw cuma bisa bilang Subhanallah. Bintang2 banyak banget, udah kayak lampu2 di gedung konser. Banyak bintang jatuh pula. Sayang karena terlalu gelap, gw gabisa moto2 (atau kamera gw kurang canggih ya??)
Sekitar jam 5an, mulai pelan2 matahari muncul. Karena penuhnya orang2, gw gabisa make tripod sama sekali (gada spacenya! wong liat sunrise empet2an gitu). Ya udah akhirnya pake jurus jepret untung2an ajalah hehehehe
Sunrise

Jam 6an udah mulai terang, pemandangan lain yang Subhanallah juga terjadi, gunung Semeru terlihat jelas dengan awan2 di kaki gunung, dan disekitarnya ada gunung Bromo dan Batok. Kerennnn pisannnnnn.
Gunung semeru terlihat di kejauhan

Puas jepret sana sini, akhirnya kita semua cabut menuju kawah Bromo. Nyampe di tempat parkir mobil, kita ditawari pak Yarno mau sewa kuda atau ngga, kalo mau, bisa dicariin ma dia dengan sewa 100rb IDR PP. Kita milih jalan ajalah. Santai gitu mikirnya. Pas di lautan pasir, iya sih santai. Tapi kan kita juga harus nanjak lagi tuh sebelum mencapai tangga menuju kawah Bromo, dan capeknya pollll (efek gak pernah olahraga hahaha). Setelah berhasil naik ratusan anak tangga, dan melihat2 kawah (dan foto2 tentunya), kita turun.
Kawah Bromo

Nah pas udah turun dari tangga, gw jatuh! huhuhuhu sakittttt. Akhirnya gw naik kuda aja turunnya, bayar 30rb IDR
Facts:
- Wina gak ikut ke kawah. Capek katanya dia. Jadi dia cuma setengah jalan di lautan pasir. Berhenti di Pura yang ada di lautan pasir tersebut.
- Akibat jatuh itu, berasa banget efeknya ampe beberapa hari ke depan. Sakitttttt

Selesai dari kawah, kita langsung balik ke penginapan, beres2, cabut ke Surabaya. Tapi gw ma Arie sempet beli kaos2 tulisan Bromo gitu deh (buat oleh2 hehehehe). Jam 10 teng, kita turun ke Surabaya, jam 13.30 udah sampai Sidoarjo (dirumahnya Wina). Itu juga di tengah2 perjalanan sempet ke  pusat oleh2, yang namanya toko Tanjung. Akhirnya ampir jam 14.30 gw ma Arie menuju Bandara Juanda dianterin ma Asep dan Pak Gatot (Wina dan mba Riul gak nganterin). Di perjalanan sempet mampir dulu buat makan siang. Kita coba kasong, makanan khas Sidoarjo (berupa kerang kecil2 gitu) yang dimakan pake lontong (well, itu Arie yang makan). Gw makan lontong kikil. Rasanya? Gak nendang, gw merasanya kok kurang bumbu yaaa.
Selesai makan, kita cari gembok buat tasnya Arie. Muter2 gak dapat, akhirnya ke supermarket bangunan. Beli gembok seharga 8500 IDR aja, antrinya panjangggggg. Akhirnya jam 15.30 nyampe Bandara, and you know what? Penerbangan yang jam 16.50 delay jadi jam 18.10. Tidakkkkkkkkkkkkkk
Akhirnya gw ma Arie makan2 dulu, santailah, check in, menuju pesawat, dan....kursi kita didudukin orang lain!!
Arie tanya ke pramugarinya, eh tuh mba2 cakep bilang gini: ya udah ibu duduk di kursi ini aja dulu (sambil nunjuk kursi di depan kursi gw seharusnya). Gw ngomel dong, gw bilang: emangnya gada yang duduk di sini? Kalo ada yang duduk di sini yang ada kita yang malu. Mbak2 pramugari tetep keukeuh nyuruh kita duduk di tuh kursi. Akhirnya kita nurut aja. Dan sampai Jakarta, gada yang nempatin tuh kursi kosong ternyata (brarti gw ma Arie tidak jadi terusir hahaha). Gw gak pernah naik penerbangan malam hari, jadi takutt juga deh. Tapi Alhamdulillah selamat sampai Soeta. Bentaran nunggu Damri, langsung cabut ke rumah, berenti di halte Bukopin Slipi, naik taksi dari situ, akhirnya go home!!! Perjalanan yang melelahkan, tapi puassssssssssssssssssss ^^

1. Dalam rangka Memperkenalkan " Tengger-Bromo" dr segala aspek, kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum, dng hanya membayar 'sukarela' (tanpa tarif)
    Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)
    Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 7km) belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' >>> 'Puspo' >>> melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" >>> melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 . Kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari.

@.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- /malam

*.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    * dimasakkan prasmanan Rp.20.000,- 1x.makan. ( nego)

# untuk informasi hub per sms/tlp: 081249244733 - 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).