Fight for my baby boy

Dari sejak hamil, gw udah banyak baca mengenai ASI. Betapa bagusnya ASI, bagaimana nge boosting ASI blablabla. Dan kita harus ASI ekslusif (ASIX) selama 6 bulan. Dan gw mau yang terbaik untuk baby gw, so I purpose to give him ASI ekslusif. But, the story goes not in a highway.
Gw baby blues. Yes, cukup parah. Gw termasuk orang yang gampang stres, dan baby blues memperparah itu. Dan mungkin itu mempengaruhi produksi ASI gw.
Kak Aby usia 6 hari :)

Seminggu setelah lahiran, kak Aby (itu nama panggilan bwt baby gw) beratnya turun jadi 2,5kg dan kuning. Setelah dicek lab, dia harus masuk NICU buat disinarin. Selama 3 hari disinarin, baby minum dari dot karena gak boleh bolak balik diangkat dari box penyinaran, takut gak maksimal. So, gw harus perah ASI gw, yang mana kuantitasnya masih dikittt banget. Dan atas saran suster di RS, selama dirawat di NICU kak Aby mix sufor. Gw sedih, but I have no choice.
Kak Aby setelah disinar di RS, lebih hitam kulitnya :D

Sepulang dari NICU balik lagi ASIX. Karena udah hampir dua mingguan kak Aby blom pup, jadi kita ke dokter bwt nge cek (ini minggu ketiga). Ditimbang berat badannya blom balik ke bb lahir, padahal harusnya dalam waktu 2 minggu setelah kelahiran bb baby harus balik ke bb awal. Dokter nyaranin bwt dikasi sufor buat boosting bb nya, and I cried becos of that suggestion. Takut kak Aby bingung puting, gw memutuskan kasih sufor ke dia pake pipet. And it worked very slow. Sekali minum mungkin cuma abis 10cc, mentok 20cc. Gw berasumsi kak Aby gak suka sufor, so gw cuma kasih sufor beberapa kali, dan balik lagi ke ASIX.
Satu bulan setelah kelahiran cek berkala, bb nya cuma 2,9kg. Jadi dari bb lahir, cuma naik 100 gram :(
Ketika badannya masih kurus :(

Dari fakta itu DSA-nya nyaranin gw buat diet dairy products, karena takutnya kak Aby ada alergi dan disuruh tes hormon (takutnya ada masalah ma hormon, sehingga mempengaruhi bb nya).
Tes hormon hasilnya baik, dua minggu kemudian dicek (brarti satu setengah bulan usia kak Aby) bb nya 3,1kg. DSA nya bingung whats wrong with it, dan dia menyarankan untuk kasi sufor. Gw ma laki gw memutuskan untuk hiraukan saran itu, karena merasa buat apa kasi sufor kalo semata2 untuk boosting bb. Karena so far kak Aby lincah, dan tidak terlihat lemas. So, I stick with ASIX.
Gw berusaha manggil konselor AIMI ke rumah, tapi karena daerah cakupan mereka terbatas di Jakarta, jadi gagal deh. Kemudian dapat link ke konselor laktasi untuk cakupan Banten, tapi buat ketemuan gak fix terus.
Akhirnya pas 2 bulan Aby, kita memutuskan untuk ganti dokter Aby ke dokter Tiwi. Asumsinya dokter Tiwi adalah dokter yang pro ASI, jadi akan dukung gw buat ASIX.
Dua bulan, bb Aby di timbangan tempat praktik dokter Tiwi 3,1kg. Meskipun mungkin ada perbedaan timbangan di tempat praktik dokter Tiwi dan RS terdahulu, pastilah bedanya cuma 100-200 gram, gak terlalu signifikan.
Dan ternyata dokter Tiwi said, Aby bb nya kurang! Sedihhhh deh. Dokter Tiwi menerangkan kalo bb bukan masalah bb semata, tapi juga ngaruh ke pertumbuhan yang lain, misalnya otak. Aduh dibilang gitu gw sedih banget. Untung aja gak divonis gagal tumbuh. Akhirnya dokter Tiwi menyarankan gw harus boosting bb kak Aby dengan susu formula. Dia sebenarnya kasi opsi mau donor ASI gak, si dokter ada kenal baik dengan salah satu pendonor ASI. Tapi gw pikir, susu formula aja deh. Akhirnya dokter Tiwi kasi tau beberapa merk (bukan promosi ya, tapi emang kita nanya ke dokter merk apa sih yang cukup bagus, karena kita blank) sufor yang HA (untuk yang alergi-kalo gak salah gitu deh).
Diboostinglah kak Aby minum sufor per 1,5jam atau 2 jam sekali.
3 hari kemudian kita disuruh balik, Alhamdulillah kak Aby bb nya jadi 3,4kg. Seminggu setelah itu disuruh balik kembali, bb nya 3,9kg. Dua minggu (usia kak Aby 2m 3w) setelah itu balik lagi ke dokter untuk kontrol, bb nya sudah 4,7kg. Alhamdulillah :)
Dengan kekhawatiran gw dan laki gw terhadap bb kak Aby, kami sampai beli timbangan. Targetnya adalah pada usia 3 bulan, bb nya mencapai 2x lipat bb lahir menjadi 5,6kg. Alhamdulillah, tgl 12 Maret kemarin gw timbang di rumah, bb kak Aby kisaran 5,4-5,5kg (gw pake kisaran karena timbangan di rumah ketepatannya beda dengan di dokter Tiwi). Insya Allah target tercapai dan kak Aby tumbuh menjadi anak yang sehat. Amiennn.
Kak Aby sekarang, udah chubby :)

Gw sedih banget gak bisa ASIX bwt kak Aby, tapi gw akan lebih sedih lagi kalo kak Aby sampe gagal tumbuh. Mengingat2 yang dulu2, rasanya melas banget inget badan my baby boy kurus ampe keliatan tulang rusuknya :(
Dan agak menyakitkan juga kalo orang lain menganggap gw adalah ibu yang gak mau susah kasi anak ASIX, makanya campur sufor. Kalo mereka tau gimana perjuangan gw untuk ASIX sampe kak Aby hampir dibilang gagal tumbuh mungkin mereka gak akan memandang sebelah mata ke gw.
Whatever happens just happens. I will fight for my baby boy happiness :)
With my cute baby boy :)


Comments

Popular posts from this blog

bangun tidur ku terus brosing..:))

My Wedding's vendor review

Selama wabah Corona: ke Taman Safari Indonesia