Kawasaki Disease

Haiiii..Udah lama gak mampir ke blog nih. Sibuk banget ngurus anak, so I hope my typing in this blog still ok to read ha3.
How's going on? Me, totally good.
Have great hubby, have great son. life is perfect, indeed.
Oiya, gw sekarang mau sharing tentang penyakit yang baru aja menghampiri my baby, yaitu penyakit kawasaki atau kawasaki disease (KD).
Gw ketik sharingnya day by day, hope it will raise up our awareness about this disease

7 Oktober 2013
Kak Aby tiba2 badannya hangat pas sore hari. Diukur suhunya udah >37,5'C. Treatmentnya seperti biasa klo dia demam, nenen+skin to skin
8 Oktober 2013
Masih demam, ditambah mata merah
9 Oktober 2013
Pagi hari masih demam. Laki gw berangkat ke luar kota. Di rumah ditemenin bokap nyokap gw. Agak siangan, demamnya turun, tapi masih sumeng2 gitu. Karena Aby agak susah minum air putih, jadi gw anggap itu sumeng karena kurang minum air putih.
10 Oktober 2013
Masih sumeng2. Matanya tetep merah. Gw jadi khawatir kan. Tapi tanya ke teman2, emang ternyata biasa klo bayi demam kadang matanya merah.
11 Oktober 2013
Memutuskan pergi ke dsa nya Aby bwt cek kondisi matanya. Pas cek di sana, ternyata badannya demam lagi. Dsa nya minta gw observasi ampe minggu.
12 Oktober 2013
Masih sumeng, mata masih merah, bibirnya jg merah. Bapaknya Aby ultah hari ini :)
13 Oktober 2013
Pas makan buah, bibirnya sedikit berdarah. Malam hari demam kembali. Gw kasi tempra for the 1st time.
14 Oktober 2013
Dini hari demam kembali ampe 39'C. Gw kasi lagi tempra. Siang, demam lagi, kasih lagi tempra. Sore kembali ke dsa nya karena demamnya gak turun2. Oiya badannya Aby jg timbul ruam2 kayak pulau, seperti campak. Ruamnya banyak di punggung n bawah mata. Pas dicek ama dsa nya, dia khawatir Aby kena kawasaki disease. Karena katanya penyakit kawasaki cirinya mirip dengan alergi obat atau campak. Gw mendengar itu langsung khawatir karena feeling gw ini penyakit cukup fatal akibatnya. Buat lebih pastiin Aby disuruh tes urin lengkap, tes darah, dan tes urine kultur.
Dari dsa nya, kita langsung ke RS International Bintaro bwt tes darah dan urine. Ternyata klo tes urine bwt anak bayi susah ya, kan blom bisa pipis dengan disuruh ya. Karena udah malam juga, Aby tes darah aja, tes urinnya menyusul besok.
 Laki gw sempet ambil leaflet tentang penyakit kawasaki, dan ciri2nya emang seperti yang ciri klinis Aby pada saat itu. Gw di rumah, pas laki gw n Aby udah tidur nangis sejadi2nya. Sedih banget ngebayangin anak gw kenapa2 kan. Masih berdoa semoga semuanya baik2 aja.
15 Oktober 2013
Tes urine. Tes darahnya udah keluar hasilnya. Gak ngerti bacanya, nunggu besok aja cek ke dsa nya. Tetep mellow deh gw. Sambil browsing2 jg soal sakit kawasaki dan dokter mana yang ahli soal ini penyakit.

16 Oktober 2013
Keluar hasil tes urinenya, tapi klo yg tes urine kultur masih seminggu lagi hasilnya. Hasil tesnya dibaca ama dsa Aby, terlihat sepertinya Aby ISK. Tapi dsa nya juga masih agak ragu (karena ada beberapa ciri ISK yang nggak ada di Aby), jadi kita direkomen bwt ke dsa yg lebih ahli masalah ISK. Sebelomnya gw dan laki gw udah sepakat klo kita mau sekalian periksa ke Dr. Najib Advani, dsa spesialis di jantung anak yg intens mendalami kawasaki. Biar hati lebih plong, apakah Aby terkena kawasaki atau nggak. Karena klo yg gw baca, kawasaki akibatnya jauh lebih fatal dari ISK. So, its better prepare for the worst. Selain itu, Dr Najib pun ada praktek di rumahnya yg gak terlalu jauh dari rumah kita. Jadi dari dsa nya Aby, kita langsung ke Dr Najib.
Dan pas diperiksa oleh Dr Najib, dia bilang: iya ini kawasaki, dirawat deh langsung malam ini. Huhuhuhu sedihhhh. Dr Najib merujuk ke RS Omni Alam Sutra karena di situ ada kawasaki center dan si dokter praktik di situ plus deket pula ama rumah kita.
Lanjutlah kita ke RS, diterima di UGD, urus admin blablabla laki gw. Gw nemenin Aby bwt dicek denyut jantung dan rontgen paru. Paling sedih pas Aby dipasangin infus :((
Bayangin anak umur 10,5 bulan ditusuk jarum infus. Sedihhhhhhhhhhhhh. Ampe gw mikir, apa ke RS keputusan yang tepat ya, rasanya gak tega banget liat bocah gw nangis jejeritan kesakitan :(
Akhirnya masuk juga ke kamar inap, eh Aby udah mulai bisa ketawa2 sambil mainin remote TV.
Badannya masih demam, dikasi penurun panas yang lewat (maaf)  duburnya. Pas malam, kak Aby sempat menggigil, gw panik juga tuh. Penyebabnya kayaknya karena suhu badan dia yang panas ketemu sama suhu kamar yang dingin.
baru masuk kamarnya, udah bisa senyum :)

17 Oktober 2013
Gw ama laki gw udah pengen Aby cepet2 dikasi obat utamanya aja deh, abis kasian kan liat anak sekecil itu dipasangin infus. Plus karena dia gak bisa diem, yang ada jarum infusnya bergeserlah, dan bikin Aby kesakitan ampe naik2 manjat badan gw dan nangis histeris :(
Pemberian obat utamanya menunggu Dr. Najib datang, dan ampe siang si Dr blom datang2. Laki gw sempet agak esmosi ama suster soale kok Dr nya gak datang2. Maklum, orang tua kan khawatir liat anak sakit he3
biarpun sakit, tetep aktif, maunya jalan rembetan di pagar tempat tidur :D

Sore hari, Dr Najib datang, cek jantung Aby (USG jantung). Sebelom di USG, Aby dikasi obat yang ada efek tidurnya, jadi dia merasa ngantuk dan gak ngamuk pas di usg. Pas di cek, pembuluh darah jantung yang sebelah kanan ada pelebaran 0,6mm :(
Setelah USG, Aby dikasi obat utamanya selama 12 jam berturut2. Oiya obat yang kita ambil merknya Gamaras, per botolnya  3 jutaan, Aby habiskan 8 botol. Selama pengobatan, Aby ditempel 3 selang. Karena anaknya aktif banget, jadi selang2 ini sering kocar kacir kelepas dari alatnya :D
Oiya pengobatannya dipilih malam hari, biar pas dengan jam tidur pasien, jadi lebih anteng gitu anaknya he3
pada saat pengobatan utama

18 Oktober 2013
Pengobatan utama selesai pagi ini, tetep observasi
matanya masih sayu, efek obat sebelum USG jantung kemarin. Lagi liatin bunga ucapan dari tante2 cantik :)

19 Oktober 2013
Tetap observasi
Main bersama bapak

20 Oktober 2013
Pulang, yeay!!! Aby pulang dari RS jam 4 sore. Alhamdulillah. Home sweet home


29 Oktober 2013
Kontrol jantung Aby dengan Dr Najib. Alhamdulillah, jantungnya sudah normal kembali :)

Mengenai penyakit kawasaki bisa dicek di sini
Mengenai Dr Najib Advani (dsa yang menangani kawasaki nya Aby) di sini

Comments

Popular posts from this blog

bangun tidur ku terus brosing..:))

My Wedding's vendor review

Selama wabah Corona: ke Taman Safari Indonesia