Weaning (not) with love

Jaman dahulu kala, ketika gw blom jadi ibu, idealisme ina inu udah gw camkan di hati ini. Tapiiii kenyataan ama idealisme beda jauh ya sis, so idealisme yang gw punya tinggal jadi list aja tanpa praktik ha3.
Jadi dulu tuh gw pengennya menyapih dengan cinta/weaning with love (WWL), eh ternyata susah ya sodara2. Hmmm mungkin gw yang kurang sabar dan malas aja sih ya bwt hipnoterapy Aby ha3. Pengertian gw sih WWL adalah metode menyapih yang tidak menyakiti kedua belah pihak (ibu-anak), sehingga sang ibu harus sering mengkomunikasikan ke si anak klo anak tersebut sudah gak perlu menyusui lagi, sampai akhirnya si anak mengerti dan ikhlas dengan sendirinya untuk berhenti menyusui.
Klo di gw-Aby kasusnya adalah: gw udah sering bilang ke Aby klo dia sudah besar, jadi gak perlu nenen lagi, nenen itu buat anak bayi. Hasilnya? Aby sih sering bilang klo nenen tuh buat anak bayi, tapiiiii klo gak dikasih nenen dia nangis bombay gt >.<
Akhirnnya pas 22 maret 2015 kemarin gw memantapkan hati untuk menyapih Aby. Caranya gimana? Ya dengan gak kasih nenen aja. Hasilnya? Anak gw ngamuk parah -_-
Aby kan biasanya nenen (ngempeng sih lebih tepatnya) klo merasa ngantuk dan pengen tidur, atau bwt menyamankan dia. Nah pas hari pertama menyapih, ketika Aby minta nenen pas dia ngantuk, gak gw kasih, nangis kejer lah anaknya hu3. Tapi menurut temen2 gw yang udah berhasil menyapih, jangan ragu dan jadi mellow dengan tangisan anak. So, gw memantapkan hati untuk tetep keukeuh gak kasih nenen. Dan akhirnya di hari pertama nyapih, Aby tertidur karena capek nangis. See, gak ada love love nya kan metode gw ha3. Trus hari kedua, tingkat kecanduan Aby terhadap nenen jadi berkurang. Gada deh tuh nangis bombay histeris. Cuma nangis standar dan let it go ha3.  Dan semakin bertambahnya hari, proses penyapihan semakin smooth, gada drama2 he3. Walopun kadang2 tetiba Aby ngerajuk bilang mau nenen, tapi ya cuma sekedar bilang aja.
Efek dari penyapihan ini adalah jam tidur Aby yg kacau balau ha3. Sekarang ga ada lagi yang namanya tidur siang, adanya tidur sore atau tidak tidur siang tapi langsung tidur malam jam 7. Agak capek sih ya harus seharian nemenin anak main tanpa istirahat siang, tapi ya maunya si anak sekarang begitu, ya sudahlah pasrah aja (gw emak pasrah emang ha3).
Jadi menurut gw, klo emang bisa WWL sih bagus banget tapi klo weaning agak maksa kayak gw juga gapapa juga sih ya, kan buat kebahagiaan bersama ibu-anak toh, dannn tetep lah kita bonding walopun Aby udah gak nenen :)



Comments

Popular posts from this blog

bangun tidur ku terus brosing..:))

My Wedding's vendor review

Selama wabah Corona: ke Taman Safari Indonesia