Investasi di 2019

Haii akhirnya posting lagi di akhir tahun 2019 nih, dengan tema investasi #mendadak finplan 😜
Sebenarnya mau merekap investasi saham gw di 2019 sih, biar tau bagaimana investasi gw di tahun ini dan bisa dijadikan patokan bwt tahun depan.

Jadi gw mulai investasi di saham start Juli 2019, niat awal investasi, yang berakhir dengan...trading 😜😆
Namanya jiwa beginner ya, masih cupu banget. Naik dikit sekian persen aja, gatelll banget pengen jual ha3. Walaupun akhirnya di akhir tahun ini gw memutuskan untuk simpan beberapa emiten yang bwt diinvest, dan buanyak emiten yang bwt trading ha3

Nah menurut berita yang dirilis kontan, tahun 2019 ini IHSG hanya naik 1,69% saja dibandingkan tahun 2018 lalu. Banyak faktor lah ya yang menghambat kenaikan IHSG, dan memang isu2 resesi2 di 2020 kenceng banget kan sepanjang 2019, jadi ya sebenarnya ada kenaikan aja udah alhamdulillah banget kan, karena berarti (semoga) resesi jauh2 lah dari perekonomian Indonesia.

Gambar dari sini


Kalau IHSG naik cuma 1,69% gimana dengan portfolio saham ai? Untuk trading, 2019 kemarin gw trading 9 saham dalam kurun waktu hampir 5 bulan, total nett profit yang gw dapet 8,6%. Lumayan banget ya 😍😍. Jadi total nett profit itu jauh lebih besar dari deposito (gw taro di bank syariah, lupa sih bagi hasilnya berapa) ataupun sukuk tabungan (ST 003 returnnya 8.15/thn).

Tapi apakah 8,6% itu mencerminkan kondisi portfolio gw secara keseluruhan? Tentu saja tidak 😂😂😆
Ada 2 emiten di porto gw yang nyangkut. Well, gw berharap 2020 nanti kedua emiten tersebut bisa kinclong sih, aminnnn 🤲
Kemudian ada 3 emiten lain yang memang untuk investasi, 1 udah positif dan 2 lainnya masih merah. Tapi ya bwt investasi sih, jadi masih sekian tahun mendatang bwt take profit.
Ada lagi 4 emiten yang emang gw niatkan bwt trading, gw nyicil beli dari bulan September 2019, dan berharap bisa take profit di window dressing desember ini, ternyata masih belum sesuai harapan 😆. 1 emiten udah positif sih walaupun masih jauh dari target, sedangkan 3 lainnya masih negatif. Tapi gw optimis banget di bulan Januari-Februari 2020 emiten2 ini sudah sesuai target pencapaian dan bisa take profit. Aminnn yang kenceng 😁

Jadi gimana strategi investasi saham gw di 2020? Untuk mode investasi masih tetap di 3 emiten yang sudah gw pegang sekarang. Untuk trading, rencananya mau gw seriuskan dengan bikin target trading tiap bulan dengan emiten berfundamental bagus (sejauh ini gw selalu trading emiten fundamental bagus) biar gak deg2an aja tradingnya 😂. Target profit idealnya sih lebih besar dari yang gw dapet tahun ini. Insya Allah, semoga dimudahkan. Aminnn 🤲

Comments

Popular posts from this blog

bangun tidur ku terus brosing..:))

My Wedding's vendor review

Selama wabah Corona: ke Taman Safari Indonesia