Marriage Story

Jadi beberapa hari yang lalu gw nonton film 'marriage story' di Netflix, trus yang merasa harus nulis di blog tentang tema filmnya yang menurut gw menarik. Filmnya sendiri gw mau bahas dikit aja ya he3

Film Marriage Story
Pemeran utamanya Scarlet Johanson & Adam Driver, yang bagussss bgt akting mereka 😍😍, sutradaranya Noah Baumbach yang ternyata sudah banyak nerima penghargaan bwt film2nya dia walopun gw gak kenal dia (yaeyalah gw gak kenal, menurut ngana 😂😂)
Temanya menarik sih menurut gw, tentang pasangan suami istri, yang mana istrinya minta cerai karena merasa pernikahannya sudah membuat dia tidak menjadi diri sendiri. Temanya dalam ya, tapi nyata adanya di kehidupan pernikahan 😁

Gambar dari sini


Tentang tema filmnya
Jadi bahwa pernikahan itu membuat kita gak jadi diri kita, bagi gw yang baru 8 tahun nikah, ya memang benar adanya. Karena pernikahan itu pada dasarnya menyatukan 2 orang dengan 2 lifestyle & 2 pemikiran yang beda, ya gak mungkin aja sih setelah nikah tetap jadi diri kita 100% (entah itu dari lifestyle ataupun pemikiran). Belum lagi ada pengaruh dari keluarga besar, plus pengaruh anak kalo sudah memiliki anak. Yang jadi masalah menurut gw sih seberapa besar kompromi masing2 orang untuk bertenggang rasa terhadap berkurangnya kadar diri kita dalam pernikahan itu sendiri. Ada orang yang mau kompromi 100% dalam pernikahannya, ada yang gamau kompromi sama sekali, lo ya elo-gw ya gw (terus gw komen julid: ngapain nikah kalo gitu ya 😂).

Bahas yang di film marriage story ya. Jadi si istri, Nicole merasa bahwa dia kok kayaknya gak pernah 'menang' ya lawan lakinya (Charlie). Mulai dari mereka tinggalnya di NY yang notabene tempat asal Charlie, trus Charlie nya gamau pindah ke LA yang tempat asalnya Nicole dengan alasan kerjaannya ya di NY, padahal sebelumnya sudah ada wacana pindah ke LA (menurut Nicole, tapi kata Charlie itu hanya diskusi 😂). Kemudian ya Nicole merasanya kok dia malah jadi orang lain ya selama nikah. Bukan kayak yg dia bayangkan dia akan jadi apa. Njelimet ya penjelasan gw 😂.
Gw melihatnya Nicole sudah sampai di titik nol kompromi dia untuk hal itu. Udah gak bisa lagi lanjut hidup kayak gitu. Padahal mah kalo dibilang cinta, ya masih cinta sama si Charlie. Tapi ada hal yang menurut dia lebih penting dari cinta, yaitu dirinya dia sendiri. And thats fine bwt gw sih. Orang punya pemikiran masing2.

Yang udah nikah, berasa ya: idihhh kok mirip2 ya problemnya 😜
Pasti ada kan di antara you you orang yang sudah nikah, pindah kota ke tempat lakinya kerja, terus jadi IRT atau cari kerja baru di kota baru tersebut. Ada juga yang akhirnya jadi ibu rumah tangga berhenti kerja setelah menikah dan punya anak, karena susah cari orang bwt momong anak yang mumpuni jaman sekarang. Kasihan ya? Belum tentu. Tergantung lah kesepakatan pasutri tersebut gimana. Terus kadar toleransi masing2 orang untuk berkompromi itu gimana. Karena para suami juga berkompromi setelah menikah kok. Misal: laki kita mau ada acara kantor di hari sabtu, karena anak lagi sakit jadi gak ikutan acara tersebut. Gantian jagain anak sama istrinya ceritanya.
Dan ya memang setelah nikah, semua pihak tuh harus berkompromi lah. Misal ada perempuan yang rapi banget orangnya, nikah sama laki yang berantakan banget. Terasa sepele ya? Tapi bisa heboh itu di rumah 😂. Si istri bakal terus2an bawel mengenai kerapian rumah, lakinya siap2 aja selalu dibawelin kalo bikin rumah berantakan. Komprominya gimana? Istri nurunin ekspektasi kerapian rumah sambil lakinya diingatkan terus menerus soal kerapian rumah. Dari pihak suami juga berusaha lebih rapi lah. Nah kira2 begitu kompromi dalam tingkat kecil.

Kalo dalam kehidupan gw, hmmm kompromi apa ya. Dalam kehidupan sehari2 masalah kerapian gitu2 ya ada lah pasti kompromi. Terus kalo sesuatu yang gw dulu sering lakukan, sekarang jarang itu misalnya nonton film. Jadi gw suka banget kan nonton film, trus juga seneng nonton festival2 film. Setelah nikah mah bye bye lah ya 😂. Untuk nonton ke bioskopnya, kalo ada film yang emang gw pengen nonton banget sih bisa kok. Gw biasanya nonton sendiri, Singgih jaga anak2, kan sebentar aja tuh. Kalo yang nonton festival2 film gitu sih udah gak pernah. Masalahnya lokasinya jauh2 lah dari rumah gw. Kemarin ada lumayan deket, tapi ya atur waktunya juga gak bisa. Kalo gw gak terlalu memperjuangkan banget, ya memang gak pengen2 banget berarti. As simple as that 😁
So far sih kayaknya pernikahan yang gw jalani, gak bikin gw jadi bukan diri gw ya. Bahwa gw tidak memikirkan diri gw 100% itu pasti sih. Karena pemikiran & tindakan apapun yang gw ambil pasti secara langsung & tidak langsung akan berdampak ke keluarga kecil gw (suami & anak2 gw), jadi ya emang gak bisa aja gitu suka2 sendiri bilang teserah gw bwekkk 😜 (apeuu lah ini 🤣)
Apakah gw pengen sesuatu yang bwt diri gw sendiri aja gitu? I dont know sih. Belum kepikiran. Tapi mungkin dengan nambah umur, keinginan kita jadi simpel aja ya. Macem, duh pengen nonton netflix tanpa diganggu bocah2 deh, udah itu aja 😂😂

Comments

Popular posts from this blog

bangun tidur ku terus brosing..:))

My Wedding's vendor review

Selama wabah Corona: ke Taman Safari Indonesia